Rabu, 12 Januari 2011

Kapal Legendaris KRI Dewaruci Segera Pensiu


Kasal Laksamana Soeparno



JAKARTA -"kba-GALANG"

Kapal KRI Dewaruci milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) akan dipensiunkan.

TNI AL tegah mencari kapal baru untuk menggantikan KRI Dewaruci.
Hal itu disampaikan Ke­pala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Soeparno kepada wartawan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (12/1).
“Kami saat ini sedang mencari di galangan kapal seluruh dunia yang bisa memproduksi kapal dengan layar tinggi seperti KRI Dewaruci,” kata Soeparno.
Soeparno mengatakan, ke­putusan mengganti KRI De-waruci karena usianya yang saat ini sudah mencapai 58 tahun.


Ia mengatakan, anggaran sebesar Rp 720 miliar atau US$ 80 juta telah disiapkan untuk membeli kapal pengganti KRI Dewaruci. “Anggarannya sudah siap pada tahun 2011,” ujarnya.
Soeparno mengatakan, ka­pal pengganti Dewaruci ha­ruslah lebih baik. Kemampuan muatan, misalnya, menjadi salah satu pertimbangan dari TNI AL. Soeparno mengharapkan, kapal pengganti Dewaruci ini sudah bisa hadir di Indo­nesia pada tahun 2014. Se­jum­lah negara tengah dibidik un-tuk memproduksi kapal pengganti Dewaruci, di antaranya Jerman, Spanyol, dan Prancis. “Pokoknya negara-negara asal pelaut,” jelasnya.


Sambil menunggu keda­tang­an kapal pengganti baru, kata Soeparno, KRI Dewaruci masih akan digunakan. Setelah itu akan diistirahatkan.
Seperti diketahui, KRI De­waruci telah beroperasi sejak tahun 1953 atau 58 tahun yang lalu. KRI Dewaruci telah me­ngarungi berbagai negara di dunia. KRI Dewaruci diproduksi oleh Jerman sebanyak dua buah, untuk Indonesia dan untuk India.


Namun, hingga saat ini hanya Indonesia yang masih memiliki KRI Dewaruci se­mentara India sudah tidak lagi memiliki KRI sejenis De­waruci. Hal itu karena, kata Soeparno, dalam hal pe­rawatan dan pemeliharaan Indonesia lebih unggul diban­ding India.sumber sinar harapan (cr-13)-//kba.ajiinews//galang/galaknews//.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar