DENGGOL Bicara Siapa Dia:Tingkatkan
Layanan Untuk Masyarakat
MAJALAHGALANG.COM-INDRAMAYU JAWA BARAT:Pemerintah Kabupaten Indramayu
melalui Tim Penilai telah melakukan klarifikasi lapangan untuk meninjau dan
melihat langsung kandidat pemenang pada Lomba Posyandu se-Kabupaten Indramayu
tahun 2024.
Plt. Kepala Dinas
Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Jajang Sudrajat
melalui Kepala Bidang Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan,
Erwin Pujadi menjelaskan Posyandu yang dilombakan tersebut telah berstatus
posyandu mandiri, terintegrasi, dan multifungsi dalam berbagai kegiatannya.
Menurut Erwin,
setelah melalui berbagai tahapan dan penilaian lomba terdapat 3 kandidat
Posyandu terbaik di Kabupaten Indramayu yaitu Posyandu Mawar V Desa Jayamulya
Kecamatan Kroya, Posyandu Kelapa 2 Desa Karangtumaritis Kecamatan Haurgeulis
dan Posyandu Sawo Desa Karanggetas Kecamatan Bangodua.
Sesuai dengan
harapan Bupati Indramayu Nina Agustina dengan lomba Posyandu ini diharapkan
terjadi revitalisasi Posyandu yang semakin baik. Keberadaan Posyandu harus
mampu menyediakan layanan yang dibutuhkan masyarakat, seperti perbaikan gizi
dan kesehatan, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga,
hingga ketahanan pangan dan kesejahteraan sosial.
"Nantinya
Posyandu terbaik sebagai juara akan menularkan ilmunya kepada Posyandu lain,
sehingga kemampuan kader Posyandu di Kabupaten Indramayu akan merata,"
kata Erwin.
Lomba Posyandu ini
merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu, meningkatkan
pengetahuan, sikap dan keterampilan kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan
dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan
kesehatan.
Erwin merinci, penilaian lomba Posyandu meliputi 5 indikator, yakni administrasi Posyandu yang terdiri dari kelembagaan Posyandu, pengelolaan Posyandu, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi. Lalu yang kedua adalah hari buka Posyandu dan kemampuan kader yang meliputi mulai pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan serta kegiatan tambahan penunjang kesehatan.
Indikator
yang ketiga adalah peran serta masyarakat terhadap hasil Kegiatan Posyandu dan
peran tim Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu yang meliputi opini
masyarakat tentang Posyandu, pembiayaan Posyandu, sumber daya dan sumber dana,
pendataan hasil kegiatan, pendataan bayi, Balita dan Bumil di Posyandu.
Lebih lanjut,
Indikator keempat adalah program inovasi dan pelayanan Posyandu yang meliputi
penilaian kehadiran tim Pokjanal Posyandu, penilaian inovasi Posyandu,
penilaian program-program Posyandu, penilaian peran serta instansi terkait
seperti Puskesmas, Petugas Lapangan Keluarga Berencana dan inovasi Posyandu
pada saat kunjungan penilaian.
Sedangkan indikator
penilaian terakhir yakni pembinaan Posyandu, seperti pembentukan Pembina,
susunan dan peran Pembina Posyandu, serta kegiatan pembinaan.
"Alhamdulillah
semua tahapan sudah kita lakukan, dan 3 Posyandu terbaik sudah kita dapatkan.
Kita nantikan penilaian hasil dewan juri siapa yang akan menjadi juaranya
?," kata Erwin.Source Diskominfo-roro wilis-(majalahgalang.com//ras//bob)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar