DENGGOL Bicara Siapa Dia:Investor Siap Buka
Usaha Baru
MAJALAHGALANG.COM-INDRAMAYU JAWA BARAT:Komitmen
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu untuk memberikan kemudahan dan
pelayanan prima bagi masyarakat guna mengakses pelayanan publik terus
dilakukan. Perwujudan komitmen tersebut direalisasikan oleh Pemkab Indramayu
salah satunya dengan menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP).
Kehadiran MPP juga turut menjadi upaya
mentransformasi mental birokrasi priyai menjadi birokrasi melayani, juga
sebagai tempat pelayanan perizinan secara terpadu di Kabupaten Indramayu yang
diharapkan adanya MPP tersebut dapat mengungkit iklim investasi yang makin
membaik sehingga masyarakat Indramayu makin sejahtera.
Hal tersebut disampaikan Bupati Indramayu Nina
Agustina dalam kegiatan Peresmian Bersama MPP yang digelar Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB) di Jakarta,
Senin (24/6/2024).
Diketahui Peresmian Bersama MPP tersebut dilakukan
secara langsung oleh Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas bersama kepala daerah
yang hadir dan diikuti oleh 15 Kabupaten/Kota, salah satunya Kabupaten
Indramayu.
Dalam kesempatan yang sama, Bupati Nina bersama
dengan Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Akik Dwi Suharto
Rudolfus turut menyapa ASN yang bertugas di MPP dan menyampaikan apresiasi atas
komitmen seluruh stakeholder di Kabupaten Indramayu dalam memberikan pelayanan
serta mengajak untuk terus konsisten dalam memberikan kemudahan dan kecepatan
terhadap akses pelayanan publik bagi masyarakat sehingga penyelenggaraan
pelayanan yang berjalan dapat makin baik.
“Terima kasih semuanya super tim yang hebat, sejak
dilaunching 28 Desember 2023 lalu dan hari ini kita sudah diresmikan, Insya
Allah kita akan memberikan pelayanan yang terbaik dan tercepat bagi masyarakat
mudah-mudahan semuanya menjadi lebih baik lagi menuju Indramayu Bermartabat,”
ujarnya.
Sementara itu, Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas
dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas nama pemerintah kepada kepala
daerah yang hadir langsung maupun seluruh masyarakat dan SKPD yang hadir secara
daring dalam acara peresmian MPP.
Menurutnya, sudah saatnya pemerintah memberikan
pelayanan publik secara optimal, karena pelayanan publik merupakan inti dari
pemerintahan sehingga puncak dari kesibukan birokrasi adalah pelayanan publik.
Penyelenggaraan MPP merupakan salah satu strategi
pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik secara
berkelanjutan, karena pengintegrasian semua layanan baik instansi vertikal,
BUMN, BUMD dan Swasta maupun instansi daerah bertujuan memberikan pelayanan
yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman bagai masyarakat.
Oleh karena itu, Anas juga berharap kepala daerah
dapat melakukan survei secara rutin untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan yang diberikan. Bahkan dirinya menugaskan Deputi dan Asisten
Deputi Pelayanan Publik untuk melakukan survei dan mengecek langsung kondisi di
lapangan guna melihat apakah indikator-indikator pelayanan publik berjalan atau
tidak.
Karena dikatakan Anas, saat dirinya melakukan
pengecekan di lapangan terdapat beberapa MPP yang diresmikan secara daring
belum menjalankan ketentuan-ketentuan seperti yang menjadi syarat beroperasinya
MPP.
Dengan demikian, ditegaskan Anas bila kejadian
serupa ditemui kembali dirinya akan melalukan grounded atau menurunkan
statusnya tidak lagi masuk sebagai kategori MPP melainkan cukup menjadi
pelayanan satu pintu saja.
Walaupun begitu, dengan diresmikannya 15 MPP pada
kesempatan ini Menteri PAN-RB berharap seluruh kepala daerah beserta jajarannya
dapat melaksanakan tugas serta indikator-indikator pelayanan publik sehingga
kehadiran MPP tersebut dapat memberikan dampak terhadap birokrasi dan kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan publik makin meningkat.
“Peresmian MPP merupakan suatu tanda bahwa MPP
telah layak beroperasi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga
komitmen dalam memberikan pelayanan pun harus konsisten dilakukan,” pungkasnya.
(ADV)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar